Museum wayang kekayon Yogyakarta

  • Whatsapp
museum wayang kekayon
museum wayang kekayon

Kali ini kita akan berkunjung ke @museumwayangkekayon Museum yang terletak di Jl. Wonosari km. 7, Banguntapan, Bantul Yogyakarta ini didirikan oleh almarhum Prof. DR. dr. KPH. Soejono Prawirohadikusumo yang merupakan (Guru besar UGM sekaligus dokter ahli saraf jiwa).
Didalam kompleks museum seluas 1,1 Ha ini dapat disaksikan ribuan koleksi wayang mulai dari Wayang Purwa, Wayang Madya, Wayang Gedog, Wayang Golek, Klithik, Dupara, Krucil dan berbagai jenis wayang lainnya termasuk wayang dari daerah luar pulau jawa yang dapat disaksikan dalam 7 unit ruang pamer yang tersedia.
Museum ini dibangun secara mandiri oleh almarhum Prof. DR. dr. KPH. Soejono Prawirohadikusumo yang memakan waktu hampir seperempat abad lamanya dan diresmikan oleh Gubernur DIY pada saat itu yakni Paku Alam VIII pada tanggal 5 Januari 1990.
Selain sebagai tujuan wisata seni budaya, museum ini juga memiliki fungsi pendidikan, wahana penelitian, dan rekreasi.
Sesuai dengan sengkalan yang terpancang pada gapura Museum Wayang Kekayon Yogyakarta: “Kekayon Siyaga Angsti Wiyata” yang artinya Museum Wayang Kekayon siap untik memberikan bimbingan/pendidikan.
Kompleks Museum Wayang Kekayon sendiri terdiri dari:
1. Museum Wayang, yang terdiri dari satu unit auditorium dan tujuh unit ruang pamer yang menggelarkan segala macam wayang yang ada di PulauJawa, dan beberapa wayang dari luar Jawa dan mancanegara.
2. Gedung induk dengan arsitektur Rumah Adat Jawa.
3. Sejarah dalam Taman terdiri dari bangunan-bangunan yang menggambarkan sejarah bangsa Indonesia sejak zaman manusia purba, pengaruh Austronesia, Hindu, era Majapahit, pengaruh Islam, Belanda, era Kartasura, era Mangkubumi, zaman Jepang, sampai proklamasi.
4.Taman dan hutan mini yang merupakan lingkungan hidup yang ditata sesuai kaidah melindungi dan melestarikan flora dan fauna.
museum yang ingin mengunjungi Museum Wayang Kekayon dapat berkunjung pada hari Senin sampai dengan Jumat pukul 08.30 hingga 14.00 dan hari Sabtu pukul 08.30 hingga pukul 12.00 siang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *